Memperluas Signal WireLess


Pada umumnya jangkauan sinyal wireless 2.4Ghz berbeda beda, tergantung dari power sinyal yang dipancarkan oleh Acess Point dan antena gain, serta lokasi disekitarnya .

Namun untuk memaksimalkan sinyal wireless di lokasi anda, baik di rumah, di kantor, di Cafe, di Hotel, di Sekolah dan dimanapun, anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan sinyal wireless melemah selain jarak.Yang menyebabkan sinyal wireless melemah adalah :

  • Halangan tembok dan besi aluminium
  • Sinyal Wireless telepon cordless
  • Sinyal dari Acces Point lain yang menyebabkan Noise
  • Jarak maximal Access point ke Client

Setelah anda mengetahui hal tersebut diatas , beberapa tip’s n trick yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan jangkauan sinyal wireless anda adalah :

  • Pindahkan Router/Access Point anda
    Ganti posisi router / access point anda. Bila perlu posisikan router / access point anda di tengah ruangan karena sinyal wireless menyebar 360 derajat ke segala arah.
  • Jauhkan dari Televisi / Telepon Cordless / Microwave
    Biasanya bila dekat dengan alat elektronik lain , akan membuat interferensi sinyal besar sehingga kualitas sinyal menurun.
  • Ganti Channel WIreless yang digunakan
    Coba cek apakah ada sinyal wireless di sekitar lokasi anda. Bila ada cek berapa channel yang digunakan. Bila sama dengan channel access point anda, maka dapat dipastikan ada noise. Gantilah Channel dari Access Point anda dengan pilihan Channel 1,6, dan 11.
  • Ubah Posisi antena
    Coba ganti posisi antena secara Horizontal, Vertikal atau 45 derajat dan lihat hasilnya.
  • Ganti Antena Access Point anda
    Ganti Antena access point dari pabrik dengan Antena high gain yang lain. BIasanya antena dapat di lepas untuk dipasang antena lain. Biasanya Antena bawaan dari vendor memiliki kekuatan 4-7Db.
  • Gunakan Access Point teknologi 802.11n
    Solusi ini solusi yang memerlukan biaya lebih, karena teknologi ini lebih baru dan hardwarenya tinggi harganya. Namun performance dan jangkauannya lebih baik dari teknologi B/G yang saat ini banyak digunakan.
  • Tambah Access Point
    Tambah Access Point untuk memperluas jangkauan sinyal wireless yang ada. Biasanya Access point tidak perlu disetup dan tinggal dicolok ke jaringan existing, maka user yang connect ke access point tersebut dapat langsung bergabung ke jaringan yang ada.
  • Upgrade Firmware Access Point / Router
    Upgrade Firmware Access Point / Router dengan Firmware yang terbaru. Cek web site vendor Access point / Router tersebut. Biasanya performance akan lebih baik setelah Firmware di update. Bila perlu gunakan Firmware pihak ke tiga seperti misalnya OpenWrt, DDWRT, atau TOmato Firmware.

Dengan melakukan hal-hal diatas, jangkauan sinyal bisa lebih jauh dari biasanya. Umumnya jangkauan Access Point adalah 300 Feet, atau 100 meter bila tanpa halangan dan interferensi sinyal. Dan juga tergantung dari tipe router / Access point yang anda gunakan.
Bila anda menggunakan tipe Access Point/Router yang ditujukan untuk kalangan Bisnis oleh vendor, maka biasa jangkauannya lebih baik karena output powernya kurang lebih 100mw, beda halnya dengan Access Point/Router yang ditujukan untuk kalangan rumahan yang hanya mempunyai output 40mW sampain 60mW. Dan tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap harga dan daya tahan perangkat.
Biasanya Harga dan daya Tahan perangkat berbanding terbalik. Bila harga rendah dengan range yang baik , biasanya daya tahannya kurang tinggi. Dengan demikian anda tidak akan heran bila sebuah Router / Access point memiliki harga yang lumayan tinggi dan ada yang sangat rendah.
Memang uang tidak berbohong, anda mendapat kualitas barang seharga yang anda bayar.

sumber: http://thomasipt.blogspot.com/

Iklan

2 comments on “Memperluas Signal WireLess

  1. Ping-balik: Can your lanlord gain acess to your income tax returns to see if your apt can be de-stabilized? « Income Tax Returns

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s